Ngobrol bareng Ketum

16 12 2008

dsc02206

Kamis, 11 Desember 2008 kemarin saya sempat ngobrol-ngobrol sebentar dengan Ketua UKM fotografi kita tercinta. Obrolan kami mulai dari seputar jabatannya sebagai ketua, kegiatan UKM dll. Atas rahmat Tuhan (dan atas restu dari bapak ketua) saya memposting isi obrolan saya di blog ini, karena menurut saya, sekali lagi saya tekankan, menurut saya, apa yang kami obrolkan adalah oke juga kalau di post di blog, patut diketahui teman-teman sekalian yang terhormat agar lebih mengenal UKM sekaligus sosok ketua fotografi kita.

Mas Agus Fariansyah, (panggilnya mas Agus aja) mulai menjabat sebagai ketua umum sejak bulan Maret 2008 kemarin dan berakhir tanggal 22 Desember 2008 nanti. Agak aneh memang, karena belum 1 tahun masa jabatannya sudah berakhir. Biasanya kan bila menjabat tahun 2008 maka akan berakhir di tahun 2009. Kata mas Agus, hal ini merupakan sistem baru. Unair yang berubah menjadi Unair BHMN mempunyai sistem baru yang menyatakan bahwa kepengurusan UKM harus berakhir pada tahun yang sama saat dibentuk agar mekanismenya menjadi lebih mudah. Hal ini untuk memudahkan dalam pengaturan anggaran karena harus disesuaikan dengan anggaran Unair.

UKM fotografi yang beranggotakan 100-200 orang ini memiliki rencana kerja tiap bulan, dimana kegiatannya adalah penyampaian materi, baik memperdalam kemampuan fotografi secara teknis, kemampuan organisasi, maupun perencanaan penyelenggaraan pameran.

Salah satu kegiatan terbaru yang diagendakan UKM dalam bulan ini adalah diklat bagi anggota UKM forografi yang baru. Diklat ini tujuannya adalah untuk menjaring mahasiwa Unair untuk menjadi anggota sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Menurut mas yang kuliah di jurusan IIP Fisip ini, peserta diklat sebelumnya harus melalui tahap pra diklat dulu. Baru setelah dinyatakan lulus, mereka bisa mengikuti diklat ini.

Diklat ini akan diadakan pada hari Jumat-Minggu (12-14 Desember 2008) di Prigen, Pasuruan. Kegiatan yang dilakukan saat diklat ini adalah foto, foto dan foto. Tapi tidak melulu foto sih, ada juga pemberian materi dan diskusi. Kata mas Agus, peserta diklat kali ini mencapai 40 orang. Banyak juga ya peminat UKM kita ini?

Ditanya tentang buletin UKM fotografi yang rasanya kok ga keluar-keluar, mas ini senyum. Emang sih, katanya tahun ini UKM hanya mengeluarkan buletin setahun sekali saja, padahal tahun kemarin setahun dua kali. Katanya sih sekarang sedang dalam proses cetak, sebentar lagi juga keluar. Sabar ya bu?

Mungkin banyak dari kita yang mengira medianya UKM fotografi cuma buletin, padahal ada mading juga lho. Memang sih ditempelnya Cuma di sekitar sekretariat saja. Terus ada juga nih..medianya forografi yang baru dibuat, yaitu website, milis dan friendster. Gak asing lagi donk dengan media dia atas? Kalo website nih ada di www.aps-unair.co.cc, kalau milis dan friendster alamatnya di airlanggafotografi@yahoo.com. Silahkan berkunjung……

Berhubung sebentar lagi mau turun dari jabatannya sebagai ketua, saya tanya ke mas Agus bagaimana suka dukanya selama menjadi anggota dan ketua UKM fotografi ini. Dengan narsisnya mas ini langsung jawab, “Kalau jadi ketua kan dikenal sama banyak orang, kalau ada apa-apa mesti saya duluan yang dikenal.” Bangga banget mas yang satu ini, padahal kalau ada salah juga pasti dia duluan yang kena. Sedangkan duka dan hambatannya, mas Agus bilang kesulitan yang dia alami selama ini adalah tentang mengatur waktu. “Lumayan susah juga jadi ketua sekaligus mahasiswa, harus balance antara organisasi dan akademis”, jelasnya. Hambatan yang lain? UKM ini adalah UKM fotografi, namun ternyata…..sama sekali tidak punya fasilitas kamera. Adanya cuma lighting dan alat-alat pendukung yang lain. Kamera sebagai alat utamanya malah gak ada. Jadi kalau mau ngapa-ngapain anggotanya ya musti pinjem atau beli dengan dana sendiri. Bahkan peserta diklat pun musti bawa kamera sendiri. Tapi kata mas Agus, saat ini dia sedang berusaha menggolkan agar UKM fotografi ini punya alat-alat foto sendiri. Semoga saja dikabulkan. Amiiiiiiiiinnnnn…………….

Oh iya, bagi yang pengen tau diklat anggota baru fotografi seperti apa, tunggu tulisan saya selanjutnya tetep di blog ini ya…. Kenapa? Karena kegiatan itu gak masuk di buletin. Buletinnya kan udah mau cetak. Jadiiii…..tunggu kabar darikuw saja.

See you next…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: